KOMUNIKASI ORGANISASI KOMUNITAS SAKAI SAMBAYAN KEPADA MASYARAKAT KORBAN TSUNAMI DI DESA KUNJIR KECAMATAN RAJABASA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

DHELVIO ABIMANYU, abi (2020) KOMUNIKASI ORGANISASI KOMUNITAS SAKAI SAMBAYAN KEPADA MASYARAKAT KORBAN TSUNAMI DI DESA KUNJIR KECAMATAN RAJABASA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi dhelvio abimanyu acc.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi organisassi yang baik sangat penting bagi efektivitas kelompok atau organisasi apapun, tanpa adanya sebuah komunikasi yang baik niscaya sebuah organisasi tidak akan mencapai tujuannya. Komunitas Sakai Sambayan merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang penyaluran bantuan baik sosial dan kemanusiaan, terutama masyarakat yang tertimpa bencana alam. Dalam melaksanakan kegiatannya penerapan komunikasi organisasi yang baik sangat diperlukan agar tidak terjadinya kesalahpahaman dalam penyampaian dan peneriman informasi. Sebagai komunitas yang terbilang masih baru, yaitu berdiri pada tahun 2008, kehadirannya sudah cukup eksis ditengah masyarakat dan merupakan salah satu komunitas yang aktif dalam kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi organisasi yang dilakukan Komunitas Sakai Sambayan dalam memberikan bantuan umum kepada masyarakat korban tsunami di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Dengan pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada anggota Komunitas Sakai Sambayan dan masyarakat korban bencana tsunami Desa Kunjir. Sedangkan data sekunder didapatkan dari literature buku dan pedoman kepustakaan. Adapun sampel penelitian yang digunakan sebanyak 12 responden, 6 responden dari komunitas Sakai Sambayan dan 6 responden dari masyarakat korban bencana tsunami Desa Kunjir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses komunikasi organisasi yang dilakukan oleh Komunitas Sakai Sambayan kepada masyarakat korban bencana tsunami Desa Kunjir meliputi beberapa pendekatan dan tahapan. Pendapatan yang dilakukan oleh Sakai Sambayan menggunakan pendekatan spiritual dengan cara mencoba menarik hati para korban dengan tujuan untuk membantu masyarakat supaya tidak larut dalam trauma hilling. Dan tahapan penyaluran bantuan dilakukan dalam 2 tahapan, yaitu tahap pasca bencana dan tahap pemulihan. Tahap pasca bencana penyaluran bantuan dilakukan dalam bentuk bantuan logistik. Sedangkan pada tahap pemulihan, sakai sambayan membantu masyarakat mengatasi trauma hilling agar tidak menjadi berkelanjutan, serta pada tahap ini sakai sambayan membantu masyarakat untuk bangkit dan mulai kembali menata perekonomian dengan membangun warung kopi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:27
Last Modified: 19 Oct 2020 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item