MANAJEMEN DAKWAH MASJID AKBAR DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

RIKA PURNAMA SARI, sar (2020) MANAJEMEN DAKWAH MASJID AKBAR DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Masjid Akbar Desa Pulau Panggung. Masjid merupakan sentral kegiatan keagamaan bagi umat Islam, maka dari itu masjid merupakan tempat yang paling efektif dalam melaksanakan dakwah. Dalam melaksanakan kegiatan dakwah tentulah tidak akan terlepas dari urgensi manajamen. Menajamen memiliki peranan penting dalam aktivitas terlebih dalam aktivitas dakwah untuk mencapai tujuan, yaitu memakmurkan masjid. Sehingga perlu diketahui bagaimana manajemen yang diterapkan oleh ta’mir Masjid Akbar dalam mengelolah kegiatan dakwah agar Masjid Akbar menjadi makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder manajemen dakwah Masjid Akbar Pulau Panggung, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Manajemen dakwah yang baik dalam mengelola kegiatan dakwah maka akan memudahkan tercapainya tujuan masjid yang tergambar dalam visi misi, yaitu memakmurkan masjid. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Masjid Akbar Pulau Panggung telah menerapkan fungsi manajemen yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pada seleuruh kegiatan dakwah yang dilakukan. Hal ini ditandai dengan terealisasinya fungsi manajemen, pada fungsi perencanaan dapat dilihat dari indikator perencanaan sudah terpenuhi dibuktikan dengan tercapainya tujuan. Pada pengorganisasian dilihat dari terposisinya sumber daya manusia sesuai dengan kapasistas, dan kemampuan. Pada fungsi pelaksanaan unit indikator berjalannya kegiatan dengan baik, dilihat dari adanya jadwal kegiatan. Pada fungsi terakhir yaitu fungsi pengawasan dilihat dari adanya pengendalian dalam setiap proses kegiatan berupa laporan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen dakwah yang dilakukan oleh ta’mir Masjid Akbar Pulau Panggung dalam mengelolah kegiatan dakwahnya dapat dikatakan sudah baik, dan dapat menjadi rujukan bagi ta’mir masjid lain dalam mengelolah kegiatan dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:19
Last Modified: 19 Oct 2020 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item