PERAN LEMBAGA KONSULTASI KESEJATERAAN KELUARGA (LK3) TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI KOTA BANDAR LAMPUNG

MADSARI, mad (2020) PERAN LEMBAGA KONSULTASI KESEJATERAAN KELUARGA (LK3) TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Rumah tangga atau keluarga yang harmonis adalah idaman setiap muslim. Akan tetapi, hampir tidak pernah ada keluarga yang tidak mengalami konflik, entah konflik antara suami dengan istri, konflik antara orang tua dengan anak, bahkan konflik antara majikan dengan pekerja rumah tangga. Hal yang membedakannya adalah cara masing-masing keluarga mengatasi dan menyelesaikan konflik tersebut, ada yang menyelesain konflik secara sehat dan baik. Akan tetapi ada keluarga yang memilih jalan kekerasan dan pemaksaan kehendak dalam menyelesaikan masalah. Perilaku seperti ini dapat dikategorikan sebagai tindakan kekerasan. Dalam hal ini, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan permasalahannya dan keluarga tersebut dapat melaksanakan fungsi-fungsinya secara mandiri. Dari uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Lembaga Konsultasi Kesejahteraan keluarga (LK3 ) terhadap penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Bandar Lampung?.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) terhadap penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitiaan menggunakan penelitian lapangan (Field Reseach ), serta sifat penelitian bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 19 orang terdiri dari 8 kepengurusan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dan 11 korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sedangkan dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan tekhnik purpose sampling yakni dengan mengambil sampel dengan kriteria. Dalam hal ini didapat sampel sebanyak 5 orang, Sample yang penulis fokuskan adalah kepala Lembaga Konsultasi Kesejateraan keluarga (LK3), pekerja sosial, psikolog dan 2 korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang sedang ditangani Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga. Kemudian tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3 ) yaitu sebagai pencegahan, perlindungan, dan pendampingan. Penanganannya dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan konseling individu, agar menambah pengetahuan masyarakat tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan membantu korban dalam mengatasi masalahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:02
Last Modified: 19 Oct 2020 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item