PERENCANAAN DAKWAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH LAMPUNG DALAM PENCEGAHAN RADIKALISME DI KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG

UMI NURJANAH, nur (2020) PERENCANAAN DAKWAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH LAMPUNG DALAM PENCEGAHAN RADIKALISME DI KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perencanaan dakwah merupakan langkah awal yang matang dan sistematis untuk menentukan tujuan bersama dalam rangka aktivitas dakwah agar tercapai tujuan serta terciptanya perubahan menjadi lebih baik. Program keagamaan, pendidikan formal dan non formal serta program dakwah dan lainnya didirikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dengan alasan untuk meningkatkan model pembinaan aqidah, ibadah dan akhlaq berdasarkan faham agama yang dikembangkan di dalam persyarikatan Muhammadiyah, yaitu faham agama berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Maka untuk menjamin tujuan itu tercapai, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung melakukan perencanaan dakwah sebelum program ini dijalankan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menggali dan mengetahui perencanaan dakwah yang dibuat oleh pengurus di Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 14 orang sebagai pengurus lembaga yang aktif. dan yang mejadi sampel adalah 3 orang. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu dengan menarik kesimpulan data menggunakan cara induktif, yaitu dari fakta yang khusus, peristiwa yang kongkrit kemudian dari fakta atau peristiwa ditarik kesimpulan menjadi umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguraikan langkahlangkah perencanaan dakwah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dalam pencegahan radikalisme di Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung tidak memiliki program secara khusus dalam pencegahan radikalisme, namun memiliki program umum yang menggunakan langkah-langkah perencanaan dakwah diantaranya adalah perkiraan dan perhitungan masa depan dakwah, penentuan dan perumusan sasaran dakwah, penetapan lokasi dan tempat dakwah, penetapan biaya, fasilitas, dan faktor lainnya, pandangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dalam pencegahan radikalisme, upaya perencanaan dakwah dalam pencegahan radikalisme, dan tujuan perencanaan dakwah dalam pencegahan radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:50
Last Modified: 19 Oct 2020 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item