optimalisasi Program keluarga harapan dalam pemberdayaan masyarakat di desa sukadamai kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Desi Susanti, sus (2020) optimalisasi Program keluarga harapan dalam pemberdayaan masyarakat di desa sukadamai kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (89kB) | Preview

Abstract

Program keluarga harapan merupakan suatu program untuk memperbaiki kualitas SDM yang ada di indonesia khususnya di desa sukadamai melalui perbaikan mutu pendidikan dan kesehatan. Di dalam mutu kesehatan, program PKH terfokus pencegahan dan pengobatan stanting dalam Gizi Buruk yang target utamanya adalah ibu hamil dan anak balita. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah Bagaimana Optimalisasi Peran Pendamping Program Keluarga Harapan dalam Teknik Pemberdayaan di Desa Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah optimalisasi program keluarga harapan terhadap pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang program keluarga harapan khususnya dalam bidang kesehatan, sebagai rujukan pemerintah dalam membuat kebijakan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan data di dapat dari hasil observasi untuk melihat fakta dilapangan, wawancara dan juga dokumentasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Purpose Sampling. Adapun sampel penulis mengambil dari, Pendamping PKH, dan Keluarga Penerima Manfaat. Hasil Temuan Program Keluarga harapan yang ada di desa sukadamai sudah terbilang cukup baik yaitu terlihat dari Pendamping semaksimal mungkin membuat masyarakat mampu memahami pentingnya kesehatan dan pola asuh anak yang baik, pendamping mensosialisasikan materi-materi di dalam Family Development Sesion (FDS), salah satu nya materi tentang kesehatan. Materimateri kesehatan tersebut disosialisasikan di dalam pertemuan bulanan antara pendamping dengan keluarga penerima manfaat. dimana dalam implementasi penyampaian materi ada praktek langsung dengan menggunakan game edukasi sehingga secara tidak langsung masyarakat bisa memahami menggunakan game edukasi tersebut. selain itu di desa sukadamai pendamping memberikan buku kontrol kepada ibu hamil dan juga ibu yang memiliki balita sebagai bukti mereka memeriksakan kesehatan nya kepada fasilitas setempat, sehingga nantinya petugas kesehatan pun akan berusaha memahamkan masyarakat betapa penting nya kesehatan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:26
Last Modified: 19 Oct 2020 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item