STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL ‘ULUM KAUMAN KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH

Nisa', Khoirun (2017) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL ‘ULUM KAUMAN KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL „ULUM KAUMAN KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH”. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan pendidikan pondok pesantren yang semakin merosot daya tariknya di kalangan masyarakat dan para remaja, strategi pemasaran ini akan menjelaskan tentang pentingnya peran pondok pesantren di kalangan remaja bahwa pondok pesantren salafiayah saat ini memiliki sarana, prasarana dan pendidikan modern yang tidak kalah saing dengan pondok pesantren modern. Keberadaan Pondok Pesantren adalah sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut berperan aktif dalam membangun bangsa melalui pendidikan agama (Tafaquh Fiddin), Pengembangan masyarakat dan lembaga yang mampu menjadi benteng akhlakul karimah dan moral bangsa dari budaya luar yang tidak baik. Seiring dengan berjalannya waktu Pondok pesantren Nurul „Ulum dan para asatizd tidak hanya menyediakan bangunan dan mengajar, tetapi juga melengkapinya dengan berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan, pendidikan kepemimpinan dan managemen seperti organisasi pengurus pondok pesantren, organisasi osis diniyah, organisasi staf asrama dan organisasi-organisasi yang lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa strategi pemasaran pondok pesantren Nurul „Ulum dalam menghadapi persaingan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pondok pesantren Nurul „Ulum dalam menghadapi persaingan. Untuk menjawab rumusan masalah dengan tujuan mengetahui strategi pemasaran pondok pesantren Nurul „Ulum dalam menghadapi persaingan tersebut maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui penelitian lapangan (field research) dengan populasi 10 orang yang berperan penting dalam pengelolaan pondok pesantren dan seluruh santri, sedangkan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling kepada 4 orang yaitu Pengasuh Pondok Pesantren, ketua umum, penasehat putra dan putri. Dengan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pondok pesantren Nurul „Ulum melakukan strategi pemasaran dalam memperoleh santri baru dengan beberapa strategi di antaranya melalui media dakwah, periklanan, perbaikan mutu kurikulum pondok pesantren dan fasilitas pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:53
Last Modified: 24 Aug 2017 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item