ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN WIRAUSAHAWAN TERHADAP KEBERHASILAN SUATU USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MUFLIHA, WIJAYATI (2020) ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN WIRAUSAHAWAN TERHADAP KEBERHASILAN SUATU USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN WIRAUSAHAWAN TERHADAP KEBERHASILAN SUATU USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Keripik Pisang Askha Jaya Bandar Lampung) Oleh Mufliha Wijayati Wirausahawan merupakan orang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untukpegadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.Askha Jaya merupakan salah satu usaha keripik pisang yang sukses di Lampung. Usaha yang dimiliki oleh Askasifi Eka Cesario ini berdiri pada tanggal 23 febuari 2009. Usaha keripik pisang Aska Jaya saat ini telah memiliki 5 cabang outlet dengan jumlah karyawan 30 orang dari semua outlet yang berada di Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan wirausahawan terhadap keberhasilan suatu usaha dalam perspektif ekonomi islam dan apa saja upaya-upaya yang dilakukan wirausahawan Keripik Aska Jaya dalam mengembangkan usahanya. Adapun tujuan penrlitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan wirausahawan terhadap keberhasilan suatu usaha dalam perspektif ekonomi islam dan untuk mengetahui upaya- upaya apa saja yang dilakukan wirausahawan Keripik Aska Jaya Bandar Lampung dalam mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada owner dan manajement marketing usaha keripik askha jaya Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berwirausaha pengetahuan merupakan faktor penting yang harus dimiliki wirausawan agar usaha yang dijalankannya bisa berkembang. Pengetahuan wirausaha dalam perspektif ekonomi islam merupakan pemahaman akan konsep- konsep berwirausaha secara islam sesuai dengan alquran dan sunnah. Konsep berwirausaha dalam islam dikenal dengan istilah tijarah (berdagang atau bertransaksi). Konsep berwirausaha dalam islam yang mengacu pada konsep berdagang Nabi Muhammad Saw yang perlu dipahami dan ditiru oleh umat muslim, seperti Shiddiq(Benar dan Jujur) , Amanah(Dapat Dipercaya), Tabligh (Argumentatif/Komunikatif), Fathonah(Cerdas dan Bijaksana) dan Terdapat 4 upaya yang dapat dilakukan wirausahawan keripik askha jaya dalam mengembangkan usahanya berdasarkan teori Philip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:05
Last Modified: 19 Oct 2020 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item