PENGARUH INVESTASI ASING LANGSUNG DAN INVESTASI DALAM NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Reni, Anggraeni (2020) PENGARUH INVESTASI ASING LANGSUNG DAN INVESTASI DALAM NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of skripsi reni LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkat seiring meningkatnya pembangunan ekonomi. Beberapa ahli ekonomi menitikberatkan modal sebagai salah satu fokus dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong perumbuhan ekonomi adalah dengan mencari sumber-sumber pembiayaan. Salah satunya adalah investasi, baik itu berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh investasi asing langsung terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial di Indonesia?, apakah terdapat pengaruh investasi dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial di Indonesia?, bagaimana pengaruh investasi asing langsung dan investasi dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi secara bersama-sama di Indonesia?, bagaimana pengaruh investasi asing langsung dan investasi dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia menurut perspektif ekonomi islam?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan penelitian secara kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari BPS dan BKPM dalam periode pengamatan 2010-2018, data yang menjadi sampel dalam peneltian ini yaitu data pertumbuhan ekonomi, investasi asing langsung, dan investasi dalam negeri tahun 2010-2018, yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan (Uji F) investasi asing langsung dan investasi dalam negeri tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2010-2018, secara parsial (Uji T) investasi asing langsung tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, investasi dalam negeri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam islam investasi merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan, karena dengan berinvestasi harta yang dimiliki menjadi produktif dan juga mendatangkan manfaat bagi orang lain. Selain itu investasi adalah cara yang sangat baik agar harta itu dapat berputar tidak hanya dalam segelintir orang saja. Dengan investasi, maka akan mendorong distribusi pendapatan yang baik pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:08
Last Modified: 07 Oct 2020 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item