PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELURAHAN CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

INKA WIANANDA, WIA (2020) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELURAHAN CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Peranan motivasi sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Kesulitan anak dalam memahami materi, mengerjakan tugas mata pelajaran di sekolah, sulit dinasehati, hingga anak menjadi malas belajar. Hal ini disebabkan karena lingkungan yang kurang baik, pengaruh buruk teknologi dan kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Maka dari itu orang tua dapat menerapkan komunikasi interpersonal untuk memotivasi anak sebagai penentu keberhasilan dalam mencapai hasil belajar yang baik. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran komunikasi interpersonal orang tua dalam membangun motivasi belajar anak di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dan sifat penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 614 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang terdiri dari 10 Ibu, 10 Bapak dan 10 anak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Purposive Sampling untuk menentukan sampel yang sesuai dengan kriteria. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif atau kata-kata yang tertulis, lisan, dan perilaku yang diamati. Hasil temuan di lapangan, bahwa peran komunikasi interpersonal orang tua dalam membangun motivasi belajar anak di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung terjadi secara langsung, melalui kegiatan tatap muka, ngobrol santai dan diskusi ringan melalui memberi nasehat untuk semangat belajar, memberi hadiah saat mendapatkan prestasi, mengajak jalan-jalan, serta mendampingi anak dalam proses belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi peran komunikasi interpersonal orang tua dalam membangun motivasi belajar anak antara lain anak malas belajar, sulit dinasehati, emosi yang belum stabil, lingkungan yang kurang baik dan pengaruh buruk teknologi. Orang tua diharapkan bisa lebih menyadari akan pentingnya komunikasi kepada anak, banyak orang tua yang terlalu memaksakan kehendaknya atau ambisinya kepada anak, terlebih lagi dalam hal prestasi namun hal itu tidak diimbangi dengan komunikasi yang baik dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:47
Last Modified: 06 Oct 2020 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item