GAYA KEPEMIMPINAN SYARIF HIDAYAT DALAM MEMOTIVASI ASATIDZ DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN (TPQ) SILAHULJINAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Iin Supriyani, SUP (2020) GAYA KEPEMIMPINAN SYARIF HIDAYAT DALAM MEMOTIVASI ASATIDZ DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN (TPQ) SILAHULJINAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan seseorang dalam memimpin sangat berpengaruh dalam memotivasi bawahan untuk meningkatkan kinerja. Motivasi itu bersifat fluktuatif karena memerlukan faktor-faktor yang mendorong agar motivasi itu relatif lebih meningkat, salah satu faktor itu adalah faktor kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan di TPQ Silahuljinan yang bertujuan untuk mengungkap bagaimana gaya kepemimpinan TPQ Silahuljinan Kota Bandar Lampung. Dalam hal ini ustadz Syarif Hidayat memotivasi asatidz. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari para asatidz di TPQ Silahuljinan sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen yang dimiliki oleh TPQ Silahuljinan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan analisis data dengan 3 tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pimpinan di TPQ Silahuljinan menggunakan gaya kepemimpinan laissez faire, kharismatik, dan demokratis. Gaya kepemimpinan ustadz Syarif Hidayat dalam memotivasi asatidz terlihat ketika beliau memotivasi dengan cara bermusyawarah, berinterakasi dengan para asatidz , memberikan penghargaan kepada para asatidz berupa reward. Ketiga gaya itu nampak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dengan gaya itu membuat para asatidz termotivasi baik dalam melaksanakan tugas sebagai asatidz maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:41
Last Modified: 06 Oct 2020 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item