ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi Pada PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung)

Silvia, Emi (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi Pada PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Silvia.pdf]
Preview
PDF
Download (939kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan alat transportasi kendaraan menjadi sesuatu yang penting bagi masyarakat sebagai sarana transportasi sehari-hari yang lebih efisien. Maka lembaga pembiayaan memiliki peluang bisnis untuk memberikan jasa dalam pembiayaan pemilikan kendaraan bermotor. Meningkatnya angka pembiayaan konsumtif, membuat lembaga keuangan baik bank atau non bank, telah mengeluarkan berbagai produk pembiayaan bagi konsumen dengan cara yang mudah dan murah, hal tersebut membuat konsumen semakin terpikat oleh promosi pihak lembaga keuangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan, bagaimana tingkat pembiayaan, serta bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung, untuk mengetahui tingkat pembiayaan kendaraan bermotor, serta mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini dilakukan pada PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung, dan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menampilkan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang di amati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian yang didapat bahwa strategi pemasaran yang di terapkan oleh PT. Al-Ijarah Indonesia Finance dalam meningkatkan pembiayaan kendaraan bermotor mengacu kepada bauran pemasaran (Marketing Mix), yaitu produk (product), harga (price), distribusi/tempat (place), promosi (promotion), dan orang (people) dan telah berdasarkan pada syariat islam. Serta tingkat penjualan PT. Al-Ijarah Indonesia Finance Lampung selama tiga tahun terakhir ini mengalami turun-naik penjualan. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Lembaga Pembiayaan Syariah (Leasing Syariah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:51
Last Modified: 24 Aug 2017 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item