PEMBINAAN PENGEMIS DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS OLEH DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG

Evi Oktaviani, OKT (2020) PEMBINAAN PENGEMIS DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS OLEH DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Evi Oktaviani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf]
Preview
PDF
Download (933kB) | Preview

Abstract

Bentuk pembinaan yang ada di Dinas Sosial adalah adanya bimbingan keterampilan yang mencakup seperti belajar untuk beraktivitas sehari-hari dengan lebih baik, beraktivitas keagamaan dengan lebih baik, membuat kerajinan, berkebun, pertanian, peternakan dan belajar memasak. Mereka mendapatkan pembinaan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan, bakat dan kemampuan mereka. Pada pengemis yang sudah di tampung Dinas Sosial Provinsi Lampung, kehidupan mereka menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena Dinas Sosial Provinsi Lampung selalu memberi bimbingan, pendamping, obat, dan pelatihan-pelatihan lainnya, agar warga binaan yang masuk dalam binaan Dinas Sosial Provinsi Lampung terampil dan terlatih, dan diharapkan kedepan mampu menambah pendapatan personal maupun pendapatan ekonomi .sehingga angka pengemis akan berkurang. Melihat dari teori Behavioristik yaitu teori yang mempelajari perilaku manusia, menurut teori ini seseorang terlibat dalam tingkah laku tertentu karena mereka telah mempelajarinya. Dari teori ini penulis melihat adanya perubahan atau hasil dari proses pembinaan yang dilakukan oleh dinas sosial provinsi Lampung melalui UPTD PRSTS Mardi Guna, warga binaan diberi stimulus untuk bisa berkembang dengan diberikan pembinaan berupa menjahit, bercocok tanam, mengolah pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:37
Last Modified: 06 Oct 2020 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item