EKSISTENSI TRADISI CANGGET AGUNG PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN DI KELURAHAN KOTABUMI UDIK KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

RIDHO DINATA, DIN (2020) EKSISTENSI TRADISI CANGGET AGUNG PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN DI KELURAHAN KOTABUMI UDIK KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RIDHO DINATA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER_BAB1-2_DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (86kB) | Preview

Abstract

Cangget agung merupakan acara puncak yang dilaksanakan pada malam hari sebelum dilaksanakan mepadun. Bagi masyarakat adat Lampung pepadun cangget agung menjadi bagian penting pada upacara adat begawi, sebab pelaksanaan tradisi cangget agung merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelaksanaan begawi. Cangget agung merupakan tradisi ini sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi kegenerasi. Namun dikarenakan faktor biaya yang harus dikeluarkan dalam penyelenggaraannya yang dapat mencapai angka 300 juta maka kini tradisi ini sudah jarang dilakukan. Meskipun demikian tradisi cangget agung masih tetap dilangsungkan dan eksis khususnya dalam amsyarakat Pepdun di Kelurahan Kotabumi Udik Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:02
Last Modified: 06 Oct 2020 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item