STRATEGI DAKWAH DALAM MEMBENTUK MAR’ATUS SHALIHAH GENERASI MILENIAL DI MADRASAH DINIYYAH ISLAMIYAH AISYAH HUMAIRAH BANDAR LAMPUNG

Meary Sindy Noveria, NOV (2020) STRATEGI DAKWAH DALAM MEMBENTUK MAR’ATUS SHALIHAH GENERASI MILENIAL DI MADRASAH DINIYYAH ISLAMIYAH AISYAH HUMAIRAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MEARY SINDY NOVERIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebebasan dalam bidang keagamaan yang membuat komunitas-komunitas hijrah saat ini banyak bermunculan. Madrasah Diniyah Islamiyah Aisyah Humairah adalah salah satu komunitas hijrah khusus perempuan yang mengajak para generasi milenial untuk memperdalam ilmu agamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mendeskrisikan strategi dakwah yang ada Madrasah Diniyah Islamiyah Aisyah Humairah, bagaimana Pembina serta pengurus untuk membentuk mar’atus shalihah pada diri murid Madrasah Diniyah Islamiyah Aisyah Humairah. Sifat penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Jumlah keseluruhan dari populasi dalam penelitian ini adalah 76 orang. Sampel yang penulis teliti sejumlah 7 orang yang terdiri dari 3 orang dari Pembina dan pengurus dan 4 orang dari murid. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik Wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data adalah dengan membahas dan memahami data yang telah diperoleh guna menemukan hasil kesimpulan dari keseluruhan data dalam penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa strategi dakwah yang dilakukan di Madrasah Diniyyah Islamiyah Aisyah Humairah adalah dengan memberikan materi-meteri keagamaan beserta contoh-contoh dikehidupan sehari-hari yang merupakan strategi sentimental, strategi rasional dan strategi indrawi. Tahapan-tahapan pembentukan mar’atus shalihah di Madrasah Diniyyah Islamiyah Aisyah Humairah dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan yang nantinya akan mempengaruhi psikologi santriwati dan akan terus dilakukan dikehidupan sehari-hari diluar forum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:52
Last Modified: 06 Oct 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item