PRAKTIK JUAL BELI PASIR SUNGAI ANTARA CV PUTRA SARANA DAN TAMBANG PASIR SINAR BADAS DENGAN SISTEM COR MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

ECHA, WAHYUDI (2020) PRAKTIK JUAL BELI PASIR SUNGAI ANTARA CV PUTRA SARANA DAN TAMBANG PASIR SINAR BADAS DENGAN SISTEM COR MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_bab1-2_dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (984kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam islam. jual beli pasir sungai antara CV Putra Sarana dan tambang pasir Sinar Badas dengan sistem cor terjadi pada saat CV Putra Sarana memesan pasir kepada pihak tambang pasir Sinar Badas dengan kualitas yang bagus serta takaran yang telah ditentukan, akan tetapi pada saat proses pengangkutan pihak tambang pasir Sinar Badas memberikan pasir dengan kualitas yang kurang bagus kepada pihak CV Putra Sarana dengan menggunakan sistem cor tanpa persetujuan dari pihak CV Putra Sarana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli pasir sungai antara CV Putra Sarana dan tambang pasir Sinar Badas dengan sistem cor yang terjadi di Pekon Kerang Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, dan bagaimana pandangan hukum Islam tentang praktik jual beli pasir sungai dengan sistem cor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik perjanjian jual beli pasir sungai antara CV Putra Sarana dan Tambang pasir Sinar Badas yang terjadi di Pekon Kerang Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktik perjanjian jual beli pasir sungai dengan sistem cor. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sifat penelitian ini adalah deskriptip analitik, dan sumber datanya adalah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview sebagai metode utama, serta metode dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu metode editing dan koding. Penelitian ini menggunakan metode berfikir induktif dalam menganalisa data. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pihak tambang pasir Sinar Badas memberikan pasir dengan kualitas yang kurang bagus kepada pihak CV Putra Sarana dengan menggunakan sistem cor. Hal ini dilakukan untuk memenuhi pesanan pasir dari CV Putra Sarana demi mendapatkan keuntungan pribadi. Menurut hukum Islam praktek jual beli pasir dengan sistem cor tersebut tidak diperbolehkan, karena mengandung unsur gharar (ketidakjelasan atau fiktif) yaitu unsur resiko yang mengandung keraguan, probabilitas dan ketidakpastian secara dominan pada barang yang diakadkan, dan termasuk jual beli yang dilarang oleh syara’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:45
Last Modified: 05 Oct 2020 05:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item