PENGARUH PEMBERIAN BEASISWA BANK INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ismuato’illah, ISMUATO (2020) PENGARUH PEMBERIAN BEASISWA BANK INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT ISMUATO'ILLAH.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ISMUATO'ILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of ISMUATO'ILLAH.jpg]
Preview
Image (JPEG)
Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam bentuk pengabdian Bank Indonesia kepada dunia pendidikan. Beasiswa Bank Indonesia diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi dan memiliki prestasi khususnya prestasi akademik. Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa yang tidak berkelanjutan, sehingga setelah menerima beasiswa tidak ada tuntutan bagi mahasiswa untuk memiliki IPK tertentu. Adapun dipilihnya beasiswa Bank Indonesia diantaranya beasiswa Bank Indonesia memberikan beasiswa yang cukup besar walaupun hanya beberapa periode saja kemudian mahasiswa menerima beasiswa tidak hanya beasiswa saja akan tetapi ada perkumpulan GenBI yang menaungi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian beasiswa Bank Indonesia berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa tahun 2018-2019 di PTN Lampung dan bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengaruh pemberian beasiswa Bank Indonesia terhadap motivasi berprestasi mahasiswa tahun 2018-2019 di PTN Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer, dengan jumlah sampel 30 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2018-2019 di PTN Lampung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian beasiswa Bank Indonesia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2018-2019 di PTN Lampung ditunjukkan dengan hasil uji t bahwa variabel pemberian beasiswa Bank Indonesia memiliki nilai thitung sebesar 2,867 dengan sig 0,008, maka hal ini menunjukan bahwa thitung (2,867) > ttabel (2,048) sehingga pemberian beasiswa Bank Indonesia memiliki pengaruh signifikansi terhadap motivasi berprestasi dengan persentase 22,7% sedangkan 77,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya, lalu dalam pandangan ekonomi Islam pemberian beasiswa adalah salah satu bentuk tolong-menolong dalam bentuk kepedulian dengan hal tersebut sesuai dengan Maqosid Syariah sehingga tercapainya kebutuhan dharuriyyah, hajiyyah, dan tahsiniyyah. Kemudian mahasiswa yang menerima beasiswa sadar tentang Quwwah Ruhiyah bahwa apa yang didapat di dunia akan akan dipertanggungjawabkan sesuai apa yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:25
Last Modified: 05 Oct 2020 05:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item