EKSPERIMENTASI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MADANI BUMI RESTU PALAS LAMPUNG SELATAN

MUTIARA, ANGGRAENI (2020) EKSPERIMENTASI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MADANI BUMI RESTU PALAS LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA ANGGRAENI  BAB 1-2 DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (44MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA ANGGRAENI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Namun perkembangan bahasa anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dengan metode ceramah tidak memakai metode bercerita, membuat peserta didik kurang antusias dan merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk memberikan bimbingan belajar dengan metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian ini dilakukan untuk di Taman kanak-kanak Madani Bumi Restu Palas Lampung Selatan dengan menggunakan metode bercerita. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peserta didik yang masih di bawah rata-rata dalam kemampuan bahasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan adalah A-B-A, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas A2 di sekolah ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik kelas A2 sebagai peserta didik yang tingkat kemampuan bahasa di bawah rata- rata. Alat instrumentasi penelitian ini adalah observasi dan catatan anekdot. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecenderungan kemampuan bahasa subjek pada saat fase Baseline A1, intervensi B, dan Baseline A2 mengalami perbedaaan. Pada saat baseline A2 mencapai skor angka 28%. Sedangkan pada fase intervensi B, pada tingkat kemampuan bahasa subjek mengalami kenaikan 29% yaitu sebesar 57% hingga 80%. Selanjutnya pada fase Baseline A2 mengalami penurunan sebesar 45%. Sehingga eksperimentasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dapat diterapkan di setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:16
Last Modified: 05 Oct 2020 05:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item