FUNGSI PENGAWASAN DALAM PENGELOLAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL SEPAKAT SENDANG AGUNG KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Yusnaini, Y (2017) FUNGSI PENGAWASAN DALAM PENGELOLAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL SEPAKAT SENDANG AGUNG KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah”. Latar belakang penelitian ini adalah Baitul Maak Wat Tamwil Sepakat merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang notabenenya adalah lembaga keuangan asset umat dengan prinsip operasionalnya mengacu pada prinsip-prinsip syariah. Pengawasan dan pengelolaan berjalan dengan baik maka sudah pasti terdapat kemajuan pada pelaksanaan selanjutnya begitupun sebaliknya. Maka jelaslah bahwa masalah fungsi pengawasan dan pengelolaan bagi suatu lembaga keuangan sangatlah penting, sebab hal tersebut merupakan salah satu penentuan tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Dengan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yaitu Bagaimana fungsi pengawasan dalam pengelolaan pada Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat Sendang Agung, Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah? Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang digunakan dengan penelitian ditempat pelaksanaan kegiatan yang diteliti. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview (wawancara), observasi , dokumentasi dan analisis data. Cara mengambil kesimpulan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan pengawasan pembiayaan yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat Sendang Agung dilihat dari kegiatan pengawasan yang dilakukan terhadapt dalam tahap-tahap atau proses pengawasan dan penghimpunan dan penyaluran pembiayaan dana pada Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat Sendang Agung, kurang baik, karena kekurangnya koordinasi antara pengurus dengan bawahan sehingga sistem pengawasan melekat belum dapat berjalan secara maksimal atau sebagai mana diharapkan oleh semua pihak terutama masyarakat yang menggunakan jasa lembaga keuangan syariah dalam hal ini Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat, dan dapat dilihat penyaluran pembiayaan dana terdapat pembiayaan bermasalah di Baitul Maal wat tamwil sepakat Sendang Agung yang melibihi dari prosentase yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia yakni 5% maka bisa dinilai terhadap kesehatan Baitul Maal Wat Tamwil Sepakat Sendang Agung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:04
Last Modified: 21 Feb 2017 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item