IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ADE, SAPUTRA (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Mutu Terpadu merupakan suatu pendekatan manajemen yang difokuskan pada peningkatan kualitas agar produknya sesuai dengan standar kualitas dari masyarakat yang dilayani dalam pelaksanaan tugas pelayanan umum dan pembangunan masyarakat melalui perbaikan secara terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen mutu terpadu di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh yaitu dari kepala sekolah, waka sarana prasarana, kepala TU, tenaga pendidik, peserta didik, dan wali murid/masyarakat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah melaksanakan indikator keberhasilan manajemen mutu terpadu, seperti memberikan pelayanan umum dan pelaksanaan pembangunan yaitu dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat, memberikan kenyamanan fasilitas dan penanganan keluhan yang memuaskan, serta sarana prasarana sekolah sudah berfungsi dengan baik, kekeliruan dalam bekerja yang berdampak menimbulkan ketidakpuasan dan komplain masyarakat yaitu dengan memiliki kultur pelayanan yang baik, baik itu pelayanan administrasi dan pelayanan akademik, lalu mengadakan evaluasi para guru dan staf TU, disiplin dalam waktu dan bekerja semakin meningkat yaitu mematuhi aturan kerja dan hubungan komunikasi sudah baik, inventarisasi aset organisasi semakin sempurna dengan pembuatan laporan perlengkapan sekolah, pemborosan dana dan waktu dalam bekerja dapat dicegah dengan memiliki rencana kegiatan dan anggaran yang jelas dan akurat, serta peningkatan keterampilan dan keahlian dalam bekerja dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti workshop dan MGMP dan pelatihan komputer, dan terdapat poin indikator yang belum terlaksana secara maksimal seperti Memberikan kenyamanan dan penanganan keluhan yang memuaskan belum berjalan dengan maksimal, memenuhi peraturan jam kerja (jam masuk, jam istirahat, jam pulang) terkadang masih terdapat beberapa pegawai yang belum mematuhi peraturan jam sekolah, Kegiatan melakukan dengan pencatatan dan pembuatan kode juga belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:42
Last Modified: 05 Oct 2020 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item