EFEKTIVITAS MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

NANDA, AYU RAHMADANI (2020) EFEKTIVITAS MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh Nanda Ayu Rahmadani Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya kurangnya perangkat pembelajaran yang menarik dan penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menerapkan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi etnomatematika melalui model pembelajaran SQ3R. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) berbantuan LKPD berorientasi etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan lebih baik dari metode ceramah dan diskusi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2020/2021 dan sampel merupakan peserta didik kelas IX H sebagai kelas eksperimen dan IX E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal uraian (essay). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t independen. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini tes uraian (essay) untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Perhitungan data dianalisis menggunakan SPSS 21 dan microsoft office excel. Hasil penelitian ini pembelajaran melalui model SQ3R berbantuan LKPD berorientasi etnomatematika lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan metode ceramah dan diskusi dengan rata- rata interpretasi n-gain kelas eksperimen sebesar 0.733 dan pada kelas kontrol hanya sebesar 0.527. Berdasarkan data rata-rata n-gain tersebut, dapat dilihat bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. . Penerapan pembelajaran menggunakan model SQ3R berbantuan LKPD berorientasi etnomatematika memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:27
Last Modified: 02 Oct 2020 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item