IMPLEMENTASI MEDIA MAKET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK INSAN MANDIRI KECAMATAN TANJUNG SENANG KOTA BANDAR LAMPUNG

WENY, DWI LESTARI (2020) IMPLEMENTASI MEDIA MAKET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK INSAN MANDIRI KECAMATAN TANJUNG SENANG KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan berbicara merupakan suatu kemampuan mengungkapan ide dalam bentuk kata-kata untuk menyampaikan pesan melalui bahasa lisan agar maksud yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh orang lain.Kegiatan pembelajaran bahasa khususnya keterampilan berbicara anak sangat penting dibutuhkan untuk anak, karna dengan adanya keterampilan berbicara, anak dapat memberikan wawasan dan pengetahuan berbicara anak. Pada pembelajaran keterampilan berbicara pada anak, perlu adanya media pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana pembelajaran sebagai penyalur pengetahuan. Maka dari itu, anak usia dini harus dilatih perkembangan keterampilan berbicaranya. Oleh sebab itu, peneliti memilih media maket sebagai salah satu peningkatan keterampilan berbicara anak. Media yang bersifat tiga dimensi dalam perannya sebagai penyampaian pesan akan lebih akurat dibanding gambar atau chart, karena memungkinkan para siswa dapat menyentuh, membaui, memegang atau memanipulasi obyek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media maket dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Insan Mandiri Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung.Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan peserta didik di kelas B4 Taman Kanak-Kanak Insan Mandiri Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada saat kegiatan media maket dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak, guru belum melakukan sesuai dengan langkah-langkah yaitu pada bagian langkah guru menentukan bentuk kegiatan atau materi yang akan dilaksanakan namun ketika menyiapkan atau membuat RPPH tidak ada bagian untuk memperlihatkan kompetensi dasar dan inti. Dan ketika pembelajaran berlangsung menggunakan media maket, media yang digunakan menggunakan media yang langsung jadi atau beli, untuk menjadi guru yang kreatif, guru dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dalampengembangan keterampilan berbicara anak. Seperti contohnya membuat media dengan menggunakan barang bekas dengan kardus agar anak lebih antusias dan keingitahuan mereka bertambah dalam pengetahuan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:19
Last Modified: 30 Sep 2020 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item