PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI NILAI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Putri Ayu, Surya Asih (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI NILAI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI NILAI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG Oleh PUTRI AYU SURYA ASIH Pemanfaatan teknologi di era Revolusi Industri Revolusi Industri 4.0 ini kurang diterapkan di sekolah padahal penggunaan teknologi seperti multimedia interaktif android mampu membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains yang dilihat dari segi kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 9 tahapan pengembangan. Uji efektifitas penelitian ini menggunakan pretest posttest design Fraenkel & Wallen dengan teknik acak kelas yaitu kelas kontrol (Mipa 6) dan kelas eksperimen (Mipa 4) yang masing-masing terdiri dari 30 responden. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket validasi ahli, angket respon peserta didik, soal KBK, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada kelayakan produk multimedia interaktif terintegrasi nilai sains yang terlihat dari persentase oleh ketiga validator dengan kriteria “sangat layak”. Persentase dari validasi ahli media sebesar 87,10%, validasi ahli materi sebesar 83,00%, validasi ahli bahasa sebesar 83,08%, dan respon peserta didik sebesar 85,33% yang menunjukkan kriteria “sangat menarik”. Hasil keefektivitasan dari multimedia interaktif dari hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan uji t Independent menghasilkan thitung sebesar 7,95 dan ttabel sebesar 1,70 yang artinya thitung > ttabel dan H1 diterima dan hasil rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif terintegrasi nilai sains sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran biologi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dikelas XI Mipa Di SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:23
Last Modified: 30 Sep 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11870

Actions (login required)

View Item View Item