IMPLEMENTASI TARI BEDANA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK DI RA AR-RAIHAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

AFRIYANTI, BR (2020) IMPLEMENTASI TARI BEDANA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK DI RA AR-RAIHAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran di RA Ar-Raihan Belalau Lampung Barat yang dilakukan selama ini belum terarah pada komponen-komponen dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik pada anak. Tari bedana merupakan kegiatan yang sangat baik untung merangsang kecerdasan kinestetik anak. Menyadari hal tersebut peneliti memilih untuk mencoba menerapkan kegiatan tari bedana pada anak-anak usia dini di RA Ar-Raihan Belalau Lampung Barat. Kegiatan ini meliputi kegiatan menyelaraskan antara gerakan tangan dan kaki, anak bisa menyelaraskan antara gerakan dengan lagu, anak bisa mengikuti perintah ketika menggunakan tangan atau kaki kanan atau kiri secara bergantian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui tari bedana di RA Ar-Raihan Belalau Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan 3 siklus dengan jumlah peserta didik 11 anak, dimana didalam setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian diperoleh kecerdasan kinestetik mengalami pengembangan setelah diterapkannya kegiatan tari bedana. Setiap siklus mengalami peningkatan. Kemudian pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang BSB 0 anak atau setara dengan 0%. Pada siklus II menunjukkan bahwa peserta didik yang BSB 0 anak atau setara dengan 0%. Dan pada siklus III menunjukkan bahwa peserta didik yang BSB 9 anak atau setara dengan 81%. Dengan demikian, tari bedana dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:14
Last Modified: 30 Sep 2020 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item