ANALISIS PENERAPAN PEDOMAN ASISTENSI AKUNTANSI KEUANGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA DESA DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM

ABDUL, MANAN (2020) ANALISIS PENERAPAN PEDOMAN ASISTENSI AKUNTANSI KEUANGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA DESA DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Akuntabilitas dan Transparansi merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan, dalam sebuah laporan keuangan yang baik dan akuntabel akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang baik transparan juga, sehingga kedua unsur elemen ini sangat penting dalam pengelolaan dana, baik dana pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, maupun pemerintah desa. Berdasarkan data indosian coruption watchselama tahun 2015- 2018 terdapat 252 kasus yang melibatkan 214 kepala desa, dan data ini mengalami kenaikan setiap tahunnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis pedoman akuntansi desa dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dana desa di pekon srimenganten kecamatan pulau panggung kabupaten Tanggamus dan bagaimana pandangan ekonomi islam tentang akuntabilitasdan transparansi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaiamana pedoman akuntansi desa pedoman akuntansi desa dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dana desa di pekon srimenganten kecamatan pulau panggung kabupaten Tanggamus dan bagaimana pandangan ekonomi islam tentang akuntabilitasdan transparansi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan cara menguraikan dan merinci kalimat-kalimat sehingga dapat ditarik kesimpulan yang jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedoman akuntansi desa yang diterapkan oleh Pekon Srimenganten telah berperan dalam akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana desa di Pekon Srimenganten. Tetapi pedoman tidak akan terlaksana jika perangkat pekon tidak paham terlebih dahulu dengan pedoman yang ada. Dalam melaksanakan pertanggungjawaban (akuntabilitas) pengelolaan dana desa di Pekon Srimenganten berdasarkan setiap proses dilakukan oleh perangkat pekon sesuai dengan pedoman yang telah diatur oleh permendagri dan perangkat pekon telah melaksanakan tugasnya pada bidang masing-masing, semua dana yang telah dialokasikan untuk kegiatan akan dibuatkan Baliho/Banner Infomasi. Baliho /Banner Informasi ini akan dipasang di depan Balai Pekon. Harapannya agar semua warga bisa mengetahui kemana saja dana itu dialokasikan. Ekonomi islam memiliki nilai-nilai dasar yaitu Keadilan, dengan menjunjung tinggi nilai kebenaran, kejujuran, keberanian, dan konsistensi pada kebenaran, pertanggungjawaban, dan Tafakul (jaminan sosial)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:43
Last Modified: 30 Sep 2020 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item