PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, SHARIA COMPLIANCE DAN KOMPLEKSTAS BANK TERHADAP FRAUD (Studi pada Bank Umum Syariah Priode 2014-2018)

DELLA, AYU SAFITRI (2020) PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, SHARIA COMPLIANCE DAN KOMPLEKSTAS BANK TERHADAP FRAUD (Studi pada Bank Umum Syariah Priode 2014-2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Fraud merupakan suatu masalah yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan, dan biasanya di lakukan oleh individu atau sekelompok orang yang memiliki pengalaman dibidangnya yang terjadi karena adanya kesempatan serta adanya benturan kepentingan. Oleh karena itu adanya unsur prinsip syariah tidak menjamin bank umum bank umum syariah terbebas dari tindakan fraud. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah fraud, sedangkan untuk variabel indipenden dalam penelitian ini adalah good corporate governance, sharia compliance dan kompleksitas bank. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kualitas good corporate governance, sharia complience, dan kompleksitas bank secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap fraud di bank umum syariah syariah di Indonesia priode 2014-2018. Dan bagaimanakah persfektif islam tentang pengaruh GCG, sharia compliance dan komleksitas bank terhadap fraud. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh good corporate governance, sharia compliance, dan kompleksitas bank secara parsial dan simultan terhadap fraud pada bank umum syariah di Indonesia priode 2014-2018. Dan untuk menganalisis bagaimanakah persfektif islam tentang pengaruh GCG, sharia compliance dan komleksitas bank terhadap fraud Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 bank yang terdaftar di bank Indonesia tahun 2014-2018. Metode penentuan sampel menggunkan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan 6 bank dengan jumlah penelitian 5 tahun maka jumlah keseluruhan sampel 30 data. Dan jenis data yang di gunakan yaitu data sekunder dari tata kelola perusahaan yang baik yang ditunjukkan oleh nilai self assessment, kepatuhan syariah yang ditunjukkan oleh kualitifikasi pendidikan anggota DPS, dan kompleksitas bank yang ditunjukkan oleh total jaringan bank. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, uji T, uji F, dan uji koefisien deteminasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial good corporate governance tidak berpengaruh terhadap fraud maka dari itu H0 diterima H1 ditolak, sharia compliance tidak berpengaruh terhadap fraud maka dari itu H0 diterima H1 ditolak, dan kompleksitas bank berpengaruh terhadap fraud maka dari itu H0 ditolak H1 diterima. Sedangkan secara simultan menunjukan bahwa good corporate governance, sharia compliance dan kompleksitasbank berpengaruh secara bersama-sama terhadap fraud. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,293 yang berarti bahwa konservatisme mampu dijelaskan sebesar 29,3% oleh variabel good corporate governance, sharia compliance, dan kompleksitas bank. Sisanya sebesar 70,7% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:34
Last Modified: 30 Sep 2020 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item