PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

LUTHVIA, ROHMAINI (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Bab 1& 2.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat aspek pendidikan juga berkembang dengan pesat dan harus diimbangi dengan proses pendidikan dan pembelajaran yang modern agar mampu bersaing dan tidak tertinggal zaman. Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media-media pembelajaran yang berbasis teknologi. Berdasarkan hasil observasi dan pra- penelitian di MTs Negeri 2 Lampung dan MTs Mathla’ul Anwar Gisting diperoleh informasi masih kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi dan elektronik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk mengetahui cara mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan wingeom pada materi bangun ruang sisi lengkung, 2) Untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan wingeom pada materi bangun ruang sisi lengkung, 3) Untuk mengetahui kemenarikan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan wingeom pada materi bangun ruang sisi lengkung, 4) Untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan wingeom pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan model penelitian Borg and Gall. Teknik simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang menggunakan dua kelas, yaitu kelas IX D di MTs N 2 Bandar Lampung dengan jumlah 40 peserta didik dan kelas IX 1 di MTs Mathla’ul Anwar Gisting yang berisi 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket (kuisioner). Uji analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari produk. Hasil penelitian pada aspek kevalidan memperoleh kriteria “Layak” oleh ahli materi dengan skor persentase rata-rata 77,20%, oleh ahli media 86,15% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan oleh ahli bahasa 86,45% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik pada uji coba produk skala kecil memperoleh persentase rata-rata sebesar 81,76% dengan kategori “Sangat Menarik” dan uji coba skala besar memperoleh persentase rata-rata 79,72% dengan kategori “Sangat Menarik”. Maka disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model penelitian Borg and Gall, modul yang dikembangkan memiliki kriteria layak/valid dan menarik untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika serta keefektivitasan produk belum diuji karena terkendala masa pandemic penyebaran Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:07
Last Modified: 29 Sep 2020 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item