KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

APRILLIA, RATNA SARI (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Aprillia Ratna Sari Guru adalah salah satu komponen pendidikan yang ikut berperan aktif dan strategis dalam memperlancar proses belajar mengajar di sekolah. Mengingat posisinya yang begitu penting dalam proses pembelajaran, guru harus memiliki berbagai kompetensi sesuai dengan tugasdan tanggung jawabnya, salah satunya adalah komponen professional. Guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan memiliki kompetensi professional sebagai seorang guru, namun kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan tersebut belum berdampak positif dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran, sehingga rumusan masalah yang diajukan adalah “Bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Islam dalam pelaksanan evaluasi pembelajaran serta bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam yang diterapkan SMP N 2 Jati Agung Lampug Selatan”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi Profesional guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Jati Agung. Metode Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yang digunakan adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian yaitu kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 2 ini sudah sesuai dengan apa yang tertuang di dalam perencanaan (kisi-kisi), baik yang menyangkut tentang materi evaluasi, teknik dan bentuk evaluasi, penggunaan sarana maupun teknik penentuan nilai yang akan diberikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2020 02:53
Last Modified: 29 Sep 2020 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item