EFEKTIVITAS HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN I PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG T.P 2019/2020

YUS, ENDRA (2020) EFEKTIVITAS HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN I PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi yusendra bab 2 ,dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi yusendra full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hipnoterapi sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan peserta didik karena cara tercepat dan termudah untuk mengubah pikiran, perasaan, perilaku dan keperibadian. Tujuannya adalah agar bisa memegang kendali penuh atas diri sendiri dan dapat mengatasi kurangnya rasa percaya diri peserta didik saat tampil berbicara di depan kelas maupun di tempat umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini : Bagaimanakah efektivitas hipnoterapi dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik berbicara di depan kelas maupun di tempat umum di SMAN I Pesisir Selatan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hipnoterapi dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dan untuk mengetahui efektivitas hasil hipnoterapi guru dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMAN I Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan yang sebenarnya. Dengan jenis dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya di kembangkan pola hubungan tertentu. Metode dalam melakukan responden sebanyak 12 peserta didik yang kurang rasa percaya diri dan 5 guru terdiri dari 1 guru BK dan 4 wali kelas SMAN1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Kesimpulan dari penelitian yaitu hipnoterapi dilakukan dengan baik, tersekejul bertahap dari diskusi, dialog, test pemahaman, relaksasi dan reaksi aktif peserta didik, serta evaluasi dengan baik oleh guru BK dengan wali kelas dan guru. Hasil pelaksanaan perhitungan dengan rumus efektivitas menunjukkan efektif 1 dengan dibuktikan dari target 12 peserta didik yang kurang adanyaa rasa percaya diri berhasil ouputnya 12 peserta didik menjadi berani percaya diri tampil di depan kelas maupun umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:52
Last Modified: 28 Sep 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item