PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CONSTRUCT 2 TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Tri Desi Retnosari, Tri Desi Retnosari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CONSTRUCT 2 TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Berdasarkan pra survey yang peneliti lakukan di MTs Negeri 2 Bandar Lampung diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan masih terbatas, pendidik kurang memanfaaatkan perkembangan teknologi seperti android, laptop atau komputer untuk menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik juga masih rendah. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar, mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut menurut para ahli materi dan ahli media, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian dan penembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli materi, dengan metode pengumpulan data berupa angket penilaian untuk menguji kelayakan produk. Uji kemenarikan produk dilakukan oleh peserta didik dalam skala kecil dan besar, kemudian uji kemenarikan oleh pendidik. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 78% dengan kategori baik. Hasil uji coba media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 oleh peserta didik dalam skala kecil memperoleh nilai rata-rata 87% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 oleh peserta didik dalam skala besar memperoleh nilai rata-rata 84% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 oleh pendidik memperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:13
Last Modified: 28 Sep 2020 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item