KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AN-NUR RATNA CHATON KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

ENI, ANDAYANI (2020) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AN-NUR RATNA CHATON KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang guru atau pendidik bukan hanya memindahkan ilmu pengetahuan tetapi diharapkan dapat menciptakan sumberdaya manusia secara profesional, berkarakter, terampil dan mandiri. dengan memiliki kompetensi kepribadian sorang guru memiliki kemampuan individual dalam memunculkan tingkah laku yang menjadi cerminan dirinya karena menjadi seorang guru tidaklah mudah, guru harus memiliki pribadi yang berakhlak, berwibawa, mandiri, dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik. Kedudukan guru sangatlah urgen dalam dunia pendidikan terutama dalam pendidikan karakter, sebab guru adalah sosok yang diberikan amanah untuk mendidik menjadi manusia seutuhnya dengan mewariskan nilai nilai karakter baik,sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya pintar tetapi juga mengahasilkan generasi yang berkarakter baik. Riset ini bermaksud guna memahami kompetensi kepribadian yang telah dimiliki guru kelas A Raudhatul Athfal An-Nur Ratna Chaton Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Output riset mengindikasikan bahwa kualifikasi kepribadian yang telah dikuasai guru kelas A adalah memiliki akhlak mulia dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik, melaksanakan tugas secara mandiri, berwibawa, memiliki etos kerja sesuai pendapat para ahli serta peraturan pemerintah. Namun terdapat dua aspek kompetensi kepribadian yang belum dimiliki dan terlaksana yakni kepribadian yang arif dan kepribadian yang stabil. Berkenaan dengan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru kelas A guru dapat mengembangkan karakter peserta didik, yang dilakukan guru untuk memngembangkan karakter peserta didik yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan berdasarkan kegiatan keagamaan yang diterapkan disekolah tersebut seperti membiasakan anak berdoa sebelum dan sesudah belajar, membiasakan anak mengucap dan menjawab salam jika bertemu guru maupun teman,membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya,membiasakan anak menjawab pertanyaan ketika ditanya, meskipun masih terdapat juga anak yang terlambat datang kesekolah, anak belum terbiasa merapikan mainannya sendiri, serta meletakkan sepatu disembarang tempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:02
Last Modified: 28 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item