MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

CIPTO HANDOKO, han (2020) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Desertasi CIPTO HANDOKO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Desertasi CIPTO HANDOKO.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Manajemen kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Hasil pra survey yang dilakukan di MIM Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur dari segi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan dan evaluasi sudah baik. Sedangkan kinerja guru ketiga madrasah dalam kategori cukup artinya guru belum maksimal menunjukkan kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MIM Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung? Bagaimana pengorganisasian kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIM Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung? Bagaimana pergerakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIM Muhammadiyah Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung? Bagaimana pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIM Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung? Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIM Banarjoyo, MII Sumberrejo, dan MI Ma’arif 5 Sekampung? Jenis Penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu mengungkap fenomena yang ada, berupaya mencari, dan menemukan peristiwa-peristiwa yang mendalam, pendapat, serta isu yang ada, pada objek penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kinerja Guru dari segi perencanaan yaitu merumuskan visi, misi dan tujuan madrasah, merencanakan rapat tahunan di awal tahun dan merencanakan rapat kerja bulanan, merencanakan pembinaan dan pelatihan guru, mencari para donatur. Dari segi pengorganisasian yaitu membuat struktur organisasi, menyusun, menetapkan dan memberikan rincian tugas, mengorganisasikan dan melibatkan personil madrasah dalam mengambil keputusan. Dari segi pergerakan yaitu memberikan semangat, motivasi, inspirasi melalui tindakan, pengarahan dan bimbingan secara berkala, memberikan saransaran, masukan dan perintah dalam pelaksanaan tugas, memberikan fasilitas yang memadai, memberikan penghargaan, mengembangkan profesi guru. Dari segi pengawasan yaitu melakukan supervisi, mengawasi dan memonitoring, memberikan sanksi bagi yang melanggar aturan, menciptakan dan menjaga suasana kondusif. Dari segi evaluasi yaitu mengevaluasi proses dan hasil pendidikan, portofolio guru, melakukan problem solving, menghindari dan menanggulangi konflik. Selanjutnya hasil penelitian kinerja guru di ketiga madrasah tergolong baik. Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dari masing-masing ketiga madrasah terdapat perbedaan kelebihan, diantaranya; kepala MIM Banarjoyo dalam meningkatkan kinerja guru ialah melakukan supervisi ke semua personil madrasah serta adanya para donatur, kepala MII Sumberrejo dalam meningkatkan kinerja guru ialah melakukan bimbingan dan arahan secara berkala, dan kepala MI Ma’arif 5 Sekampung dalam meningkatkan kinerja guru ialah memberikan penghargaan yang layak bagi personil yang berprestasi. Kesimpulan dalam penelitian ini manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui segi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan dan evaluasi dengan hasil baik dan ditunjukkan dengan hasil kinerja guru diketiga madrasah tergolong baik. Jadi semakin baik manajemen kepala madrasah, semakin baik pula kinerja guru.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:38
Last Modified: 28 Sep 2020 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item