IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ALFREDO, DIVALINZA (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah-madrasah secara umumnya saat ini masih sangat kurang dalam penerapan manajemen di Madrasahnya sendiri. Sedangkan secara khusus telah terdapat beberapa Madrasah yang sudah baik dan unggul dalam manajemennya. Salah satunya di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang terkesan sudah baik dalam manajemen, baik untuk staff, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat sekitar. Sehingga tidak perlu banyak pembenahan dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Berkenaan dengan judul sekripsi ini yang bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, sehingga paham akan keunggulan-keunggulan didalam Manajemen Berbasis Madrasah, guna menjadi acuan dan semangat untuk madrasah-madrasah lain yang ingin meningkatkan MBM di Madrasahnya. Selain itu adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Manajemen Berbasis Madrasah yang di terapkan MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah motivasi untuk MTs Negeri 2 Bandar Lampung tetap mempertahankan manajemen didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi guna mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Analisis data dilakukan dengan mengartikan hasil observasi, wawancara yang diperoleh saat penelitian, dan dokumentasi yang telah dikumpulkan, oleh karena itu teknik anaisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah pada keenam komponen seperti bidang kurikulum, kesiswaam, ketenaga kependidikan, sarana dan prasarana, humas, dan layanan khusus sudah diaplikasikan dengan maksimal dan baik karena kerjasama antar staf madrasah, guru serta siswa sehingga tercapai dengan baik segala rencana yang dibuat oleh kepala madrasah MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Adapun faktor pendukung terkait dengan demokratisasi pengambilan keputusan/kebijakan kepala madrasah, profesionalisme kerja tenaga kependidikan, tersedianya sarana prasarana yang memadai, serta adanya dukungan dari masyarakat. Dan faktor penghambat implementasi MBM di MTs Negeri 2 Bandar Lampung adalah kurangnya pengetahuan tenaga kependidikan tentang Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), adanya pengaruh dari pusat dalam pengambilan keputusan Madrasah, serta kurangnya kesadaran orang tua dalam memperhatikan dan mengontrol putera-puteri nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:28
Last Modified: 28 Sep 2020 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item