PERAN BANK INDONESIA (BI) DALAM MENGAWASI SISTEM PEMBAYARAN DAN MELINDUNGI NASABAH TERHADAP TINDAK KEJAHATAN SKIMMING (STUDI PADA BANK INDONESIA PERWAKILAN LAMPUNG)

Rossa, Fadhilah Arista (2020) PERAN BANK INDONESIA (BI) DALAM MENGAWASI SISTEM PEMBAYARAN DAN MELINDUNGI NASABAH TERHADAP TINDAK KEJAHATAN SKIMMING (STUDI PADA BANK INDONESIA PERWAKILAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi komputer sangat memberikan dampak yang luar biasa kepada jasa perbankan secara elektronik. Media yang digunakan untuk pemindahan nilai uang tersebut sangat beragam, mulai dari penggunaan alat pembayaran yang sederhana sampai pada penggunaan sistem yang kompleks. Namun, perkembangan tersebut tidak terlepas dari bayang-bayang tindak kejahatan yang berpotensi mengalami kegagalan sistem dan sekelompok orang yang dengan sengaja melakukan pengcopyan data dari kartu ATM (skimming). Skimming ialah kejahatan lewat ATM yang memanfaatkan kelengahan nasabah karena dilakukan dengan cara mencuri PIN kartu ATM sebagai pintu masuk transaksi. Modus operandinya adalah mengkloning data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah. Oleh karena itu, sangat diperlukannya perlindungan hukum dari lembaga pengawas perbankan. Kewenangan mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia dilaksanakan oleh Bank Indonesia yang dituangkan dalam Undang Undang Bank Indonesia. Bank Indonesia mempunyai peranan penting dalam memberikan perlindungan bagi nasabah agar tidak mengalami kerugian akibat tindakan dari pelaku skimming. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan Bank Indonesia dalam mengawasi sistem pembayaran dari tindak kejahatan skimming di provinsi Lampung dan bagaimana peranan Bank Indonesia dalam memberikan upaya perlindungan bagi nasabah dari tindak kejahatan skimming di provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan model pendekatan studi kasus yaitu suatu pendekatan penelitian yang mencoba untuk mengeksplorasi kehidupan nyata melalui pengumpulan data yang detail serta mendalam dengan melibatkan beragam sumber informasi, baik berupa wawancara, observasi dokumen ataupun laporan dengan cara mendeskripsikan objek dari kasus penelitian. Hasil dalam penelitian ini menjukkan bahwa BI menjadi pengawas sistem pembayaran dalam hal memastikan infrastuktur tidak vailated atau tidak dijahati oleh pelaku kejahatan (skimmer). Bank Indonesia mewajibkan penyedia jasa layanan sistem pembayaran (Bank) untuk melakukan pengawasan dan harus mengecek secara berkala kondisi ATM seperti ATM cashout, rusak, serta mengecek apakah ada alat- alat mencurigakan yang terpasang di ATM. Bank Indonesia saat ini menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit ditujukan untuk untuk meningkatkan keamanan bertransaksi serta memitigasi risiko terjadinya fraud yang dilakukan secara bertahap sampai dengan 31 Desember 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:55
Last Modified: 25 Sep 2020 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item