PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

NUR, ASRI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel kelas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama N-Gain. Menurut hasil pengujian hipotesisi menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikasi 5% diperoleh Fa = 9,924 > Ftabel = 4,013 sehingga H0A ditolak, Fb = 0,860 < Ftabel = 4,013 sehingga H0B diterima, Fab = 0,617 < Ftabel = 4,013 sehingga H0B diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpiulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan antara model pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, (2) terdapat perbedaan peningkatan antara gaya kognitif peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PjBL Berbasis STEMdengan gaya kognitif peserta didik terhadap hasil kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:28
Last Modified: 24 Sep 2020 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item