PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DI DESA KEPUTRAN KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2020

DARU, AUTHA (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DI DESA KEPUTRAN KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi daru fix kurang 4 5.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan sosial anak yang . Keterampilan sosial anak adalah kemampuan untuk melakukan adaptasi sosial dalam rangka menciptakan hubungan sosial dan menjaga hubungan sosial baik dengan teman sebaya maupun orang lain. Kemampuan itu antara lain:Kemampuan membangun hubungan kooperatif, kemampuan memiliki kepekaan sosial, kemampuan menyesuaikan diri, kemampuan untuk berkomunikasi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling Dalam meningkatkan Keterampilan sosial pada Anak di desa Kaputran Kabupaten Pringsewu tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental design dengan desain Non equivalent control grup design. Sampel dalam penelitian berjumlah 16 Anak di Padepokan Seni dan Pencak silat Desa Kaputran Pringsewu tahun 2020 yang memiliki masalah dalam keterampilan sosialnya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung.Hasil rata-rata skor keterampilan sosial sebelum mengikuti konseling kelompok dengan teknik modelling adalah 56.88 dan setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik modelling meningkat menjadi 98.75. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks yang dilakukan dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution 20.0 for Windows, diperoleh nilai Asymp.Sig = 0.012<nilai signifikansi α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terjadi peningkatan keterampilan sosial yang signifikan setelah diberikan perlakuan.Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik modelling merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk diterapkan dan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterampilan sosial anak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan konseling kelompok dengan modelling dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di padepokan seni dan pencak silat di Desa Kaputran kabupaten Pringsewu tahun 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:34
Last Modified: 23 Sep 2020 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item