EFEKTIVITAS DAN RISIKO PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)

IIN, YUSMAINA (2020) EFEKTIVITAS DAN RISIKO PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH MANDIRI (BSM). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mobile banking adalah layanan jasa yang disediakan oleh bank yang memungkinkan nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi kapanpun dan dimanapun melalui media handphone. Selain itu, beberapa mahasiswa UIN Raden Intan Lampung saat ini juga telah memanfaatkan layanan jasa tersebut dalam melakukan pembayaran tagihan kuliah. Namun, sebagian besar mahasiswa masih belum memanfaatkan kemudahan layanan tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh efektivitas dan risiko secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa dalam bertransaksi mengunakan mobile banking, serta bagaimana pengaruh efektivitas dan risiko secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan mobile banking menurut ekonimi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung angkatan 2016 yang menggunakan mobile banking Bank Syariah Mandiri. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan diperoleh 100 mahasiswa sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji statistik t, dan uji statistik F, serta data diolah menggunakan bantuan software SPSS 23. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel efektivitas memiliki nilai signifikansi thitung 0,207>0,05 dan nilai thitung < ttabel sebesar 1,271<1,984. Hal ini menunjukkan bahwa variabel efektivitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Variabel risiko memiliki nilai signifikansi thitung 0,001<0,05 dan nilai thitung > ttabel 3,367> 1,984 serta koefisien regresi 0.321. Hal ini menunjukkan bahwa variabel risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Nilai R2 yaitu sebesar 0,117 yang berarti pengaruh variabel efektivitas dan risiko terhadap kepuasan mahasiswa dalam bertransaksi di bank syariah menggunakan mobile bankng adalah sebesar 11,7% . Efektivitas, risiko, dan kepuasan mahasiswa pada layanan mobile banking Banki Syariah Mandiri telah sesuai dengan prinsip Islam. Dimana layanan mobile banking Bank Syariah Mandiri dapat membantu mempermudah kegiatan transaksi keuangan nasabah dimana prinsip kemudahan penggunaan merupakan salah satu prinsip yang sangat penting dalam Islam, akad dalam transaksi mobile banking telah sesuai dengan syarat sahnya perjanjian yang berpedoman pada DSN MUI No. 10/DSN-MUI/IV/2000. Selain itu, berdasarkan hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada nasabah, nasabah merasa percaya akan sistem keamanan mobile banking Bank Syariah Mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:46
Last Modified: 23 Sep 2020 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item