PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) TERHADAP KESEJAHTERAAN PELAKU UKM MAKANAN RINGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Irwan, Arrivo (2020) PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) TERHADAP KESEJAHTERAAN PELAKU UKM MAKANAN RINGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI IRWAN ARRIVO TERBARU 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK CSR (Corporate Social Responbility) merupakan suatu entititas bisnis dalam tanggung jawab sosial suatu perusahaan BUMN dari aspek sosial dan ekonomi kepada pemangku kepentingan (Stakeholder) baik dalam internal (karyawan) maupun eksternal (masyarakat sekitar dan lingkungan sekitar) dalam meningkatkan kesejahteraan dengan melalui program kemitraan dan bina lingkungan. Dalam pelaksanaanya perusahaan tidak hanya mencari keuntungan (profit) semata, namun terlibat juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (people) dan peduli terhadap lingkungan sekitar (planet) yang disebut dengan 3P atau Triple Bottom Line, dalam perspektif Ekonomi Islam pelaksanaan CSR ini merupakan tujuan dari syari’at Islam yaitu Mugassid Al Syari‟ah atau maslahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana CSR PT. BRI berpengaruh terhadap kesejahteraan pelaku UKM Makanan Ringan Desa Karang Anyar dan bagaimana menurut perspektif Ekonomi Islam pengaruh CSR PT. BRI terhadap kesejahteraan pelaku UKM Makanan Ringan Desa Karang Anyar dan tujuan penelitian ini ialah pertama untuk mengetahui bagaimana implementasi program CSR PT. BRI terhadap kesejahteraan pelaku UKM Makanan Ringan Desa Karang Anyar, untuk mengetahui bagaimana pengaruh CSR PT. BRI terhadap kesejahteraan pelaku UKM Makanan Ringan Desa Karang Anyar dalam Perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian field research dengan sifat asosiatif, responden penelitian ini berjumlah 44 diambil menggunakan teknik Random Sampling, peneliti menggunakan model ekonomi regresi linear sederhana dengan uji T (parsial) dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan uji T nilai thitung 5.141 lebih besar dari ttabel 0.297 dan diperoleh R Square 0.386 dari uji determinasi program CSR diperoleh Rsquare nya 3.86. sehingga variabel program CSR berpengaruh secara posited dan signifikan terhadap variabel kesejahteraan pelaku UKM sebesar 38.6%. dalam persepektif ekonomi islam pengaruh program CSR BRI terhadap kesejahteraan pelaku usaha dengan meningkatnya produktifitas dan pendapatan pelaku usaha sehingga terpenuhinya pencapaian atas lima dasar pemeliharaan agama (al-dien), hidup atau jiwa (nafs), pengetahuan (aql), kesehatan (nasl) dan pendapatan (maal), yang berdampak pada terpenuhinya kebutuhan primer (dharuriyat), kebutuhan sekunder (hajiyat), dan tersier (tahsiniat)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:58
Last Modified: 21 Sep 2020 05:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item