ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERIKLANAN PRODUK KOSMETIK DI INDONESIA DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM

Andi Septri, Aurelia Asapa (2020) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERIKLANAN PRODUK KOSMETIK DI INDONESIA DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi adanya persepsi konsumen terhadap periklanan yaitu proses mendengarkan lalu mengikuti yang di dengar, memilih, dan menginterpretasikan informasi-informasi sehingga tercipta sebuah gambaran apakah pesan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip yang mengatur perilaku dan juga keputusan individu selaku konsumen, tetapi harus bisa memilih dan mengikuti yang terbaik diantaranya, maka dianjurkan memberi promosi atau berita yang baik atau sesuai dengan konten moral (etika) bisnis yang ada yaitu mempertanggung jawabkan materi ataupun isi pesan yang disampaikan kepada masyarakat agar muncul persepsi yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap periklanan produk kosmetik di Indonesia, apakah periklanan produk kosmetik di Indonesia dilihat konsumen sudah menjalankan bisnis iklan sesuai dengan etika periklanan maupun etika bisnis dalam Islam yang telah dilandaskan pada Al-Qur’an dan Hadis. Rumusan masalah yang di bahas dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana implementasi periklanan produk kosmetik di Indonesia? (2). Bagaimana persepsi konsumen terhadap periklanan produk kosmetik di Indonesia dalam tinjauan etika bisnis Islam?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui implementasi periklanan produk kosmetik di Indinesia. (2). Untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap periklanan produk kosmetik di Indonesia dalam tinjauan etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk penelitian menggunakan analisis kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Setelah keseluruhan data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan metode deskriptif melalui pendekatan induktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi etika dalam periklanan masih ada beberapa iklan kosmetik di Indonesia yang mengarah pada stereotip gender dan di nilai tidak mengikuti Etika Pariwara Indonesia. Namun, tidak semua iklan melanggar Etika Pariwara Indonesia banyak juga iklan yang berhasil memberikan pesan atau konten yang baik dan benar. Sehingga iklan dapat mempengaruhi persepsi seseorang baik atau buruknya tanggapan yang akan diberikan seseorang atau konsumen terhadap iklan kosmetik tersebut. Oleh sebab itu, kegiatan promosi iklan seharusnya mengikuti etika iklan yang Islami karena semakin baik iklan maka akan semakin suka konsumen terhadap iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:44
Last Modified: 21 Sep 2020 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11814

Actions (login required)

View Item View Item