UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DIKELAS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG

SANTI, OKTIANA DEWI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DIKELAS III MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif dan kemandirian belajar siswa dikelas III MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan keampuan berfikir kreatif dan kemandirian belajar siswa kelas III di MIN 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di MIN 5 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III sebanyak 42 siswa. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu penilaian tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 59,7 dengan ketuntasan klasikal 38,09%, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,9 dan ketuntasan klasikal mencapai 84,61%dengan kriteria tercapai dalam indikator keberhasilan adaln 80%. Hal ini menunjukkan dari siklus I dan II nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dapt meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan kemandirian belajar siswa .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:37
Last Modified: 21 Sep 2020 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item