PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP SWADHIPA 1 NATAR

DWI, NURHASANAH (2020) PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP SWADHIPA 1 NATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DWI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP SWADHIPA 1 NATAR Oleh : Dwi Nurhasanah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana asesmen kinerja dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMP Swadhipa 1 Natar. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasy Eksperiment dengan desain The Mathcing Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yaitu pretest dan posttest untuk memperoleh data terkait kemampuan berpikir kritis peserta didik, angket tertutup yang berisi sebuah pernyataan respon terhadap pembelajaran dan dokumentasi untuk mengetahui hal-hal yang terjadi selama pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan menggunakan N-Gain, dengan analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji t-Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan hasil nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,49 dan rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,35. Berdasarkan Hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t-independent diperoleh nilai sebesar 0,004 ≤ 0,05. Hal ini berarti bahwa asesmen kinerja dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:47
Last Modified: 21 Sep 2020 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11807

Actions (login required)

View Item View Item