TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN PEMBAYARAN UPAH JASA KURIR MOTOR DENGAN MOBIL DALAM PENGANTARAN BARANG ( Studi di LAZADA Bandar Lampung)

ANGGI, MARSELY (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN PEMBAYARAN UPAH JASA KURIR MOTOR DENGAN MOBIL DALAM PENGANTARAN BARANG ( Studi di LAZADA Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Online Shop atau toko Online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai. Online shop sangat berkaitan erat dengan jasa kurir. Lazada membentuk jasa kurir mereka sendiri agar dapat menjamin produk yang mereka kirim sampai di tangan konsumen. Di dalam melakukan proses pengantaran barang antara kurir motor dan mobil memiliki perbedaan yaitu dalam hal pembayaran jasa atau upah. Perbedaan tersebut tersebut terdapat pada gaji pokok dan insentif yang mereka terima. Upah adalah memberikan imbalan sebagai bayaran kepada seseorang yang telah diperintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu dan bayaran itu diberikan menurut perjanjian yang telah disepakati. Memberikan upah kepada seseorang yang telah diperhatikan untuk mengerjakan suatu pekerjaan hukumnya boleh, upah setiap orang harus ditentukan berdasarkan kerjanya. Untuk itu harus dibayar tidak kurang, juga tidak lebih dari apa yang telah dikerjakan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, Mengapa tedapat perbedaan pembayaran upah jasa kurir motor dengan mobil dalam pengantaran barang di Lazada Bandar Lampung. Kedua, Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang perbedaan pembayaran upah jasa kurir motor dan mobil di Lazada Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang perbedaan pembayaran upah jasa kurir motor dengan mobil di Lazada Bandar Lampung, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang perbedaan pembayaran upah jasa kurir motor dengan mobil di Lazada Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Karena penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, yaitu yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa terjadinya perbedaan pembayaran upah jasa antara kurir motor dengan mobil karena dalam praktiknya kurir mobil membawa lebih banyak paket otomatis pekerjaan yang dilakukan kurir mobil lebih lama dari kurir motor. Perbedaan pembayaran upah jasa kurir motor dan mobil adalah diperbolehkan dalam Islam. Karena telah memenuhi rukun dan syarat dalam upah kerja. Pembayaran upah jasa di Lazada termasuk kedalam Ajrun Mitsil (upah yang sepadan) yaitu upah yang sepadan dengan kerjanya serta sepadan dengan kondisi pekerjaan (profesi kerja). Dan sesuai dengan Ijarah ‘ain yakni ijarah yang berhubungan dengan penyewaan benda yang bertujuan untuk mengambil manfaat dari benda tersebut, hal ini dikarenakan ada uang sewa yang diberikan kepada kurir mobil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:30
Last Modified: 17 Sep 2020 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item