PENGARUH INFLASI DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH SIMPANAN DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI DI INDONESIA TAHUN 2011-2018

ANGGUN, LARASATI (2020) PENGARUH INFLASI DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH SIMPANAN DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI DI INDONESIA TAHUN 2011-2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh simpanan deposito mudharabah yang menunjukkan angka yang lebih banyak dibandingkan jenis simpanan lainnya dan meningkat di setiap tahunnya meskipun faktor internal yaitu nisbah bagi hasil dan faktor eksternal yang bersifat makro yaitu inflasi menunjukkan angka yang tidak stabil. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk simpanan jenis deposito mudharabah pada Bank Syariah dalam hal ini Bank Syariah Mandiri dapat bersaing dengan simpanan deposito pada bank konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh parsial dan simultan inflasi dan nisbah bagi hasil terhadap jumlah simpanan deposito mudharabah pada Bank Syariah Mandiri di Indonesia tahun 2011-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh inflasi dan nisbah bagi hasil berpengaruh terhadap jumlah simpanan deposito mudharabah pada Bank Syariah Mandiri di Indonesia tahun 2011-2018.Penelitian ini menggunakan Bank Syariah Mandiri sebagai objek penelitian. Dengan metode kuantitatif, dimana data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahun 2011-2018 yang diperoleh dari website resmi bank. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data time series dan dengan persamaan regresi dimana uji yang dilakukan adalah uji T, uji F, dan koefisien determinasi R2 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji normalitas, autokorelasi, multikolonieritas, heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda uji hipotesis dan uji determinasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari aturan data. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji parsial yaitu variabel inflasi dan nisbah bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap jumlah simpanan deposito mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) variabel inflasi dan nisbah bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap jumlah simpanan deposito mudharabah pada Bank Syariah Mandiri dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. koefisien determinasi R2 sebesar 70,7% yang artinya bahwa kedua variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sedangkan sisanya 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:54
Last Modified: 17 Sep 2020 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item