PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG

INTAN, YULIA PUTRI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Bandar Lampung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang mendukung dan tepat pada pembelajaran tematik yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dengan hasil belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Bandar Lampung sebanyak 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian uji hipotesis tes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung adalah 2,729 dan ttabel 2,024 sehingga hasilnya thitung > ttabel (2,729>2,024) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Bandar Lampung. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen menunjukkan x = 76,9 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik kelas kontrol x = 70,75. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik nilainya dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan diterimanya H1 pada pengujian hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:06
Last Modified: 16 Sep 2020 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item