PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBANTUAN GEOENZO TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

FAFIRU, ACHMAD (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBANTUAN GEOENZO TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan aktivitas universal dalam kehidupan manusia. Adapun pendidikan juga merupakan kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas yang membutuhkan keterampilan komunikasi matematis pada peserta didik. Komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menghubungkan objek nyata, gambar dan diagram dalam bentuk ide-ide matematika, mengungkapkan kejadian sehari-hari dalam sImbol matematika, mendengarkan, mendiskusikan, dan menulis tentang matematika. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Knisley berbantuan GeoEnzo terhadap komunikasi matematis siswa 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Tipe kepribadian terhadap komunikasi matematis siswa 3) Untuk mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran Knisley berbantuan aplikasi GeoEnzo dan tipe kepribadian terhadap komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design).Quasi eksperimental design itu sendiri merupakan bentuk desain eksperimen yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Baitul Muslim Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan angket (kuisioner). Berdasarkan hasil analisis statistik data didapatkan hasil yang sangat signifikan dari penelitian ini antara dan . 1) Pada hipotesis pertama menghasilkan perhitungan dengan anava dua jalan sel tak sama menghasilkan hipotesis yang pertama yaitu terdapat pengaruh antara model Knisley terhadap kemampuan komunikasi matematis, hal tersebut ditunjukan oleh yang artinya H0 ditolak. 2) Pada hipotesis kedua dihasilkan analisis variansi dua jalan sel yang tak sama, didapatkan yang menunjukkan bahwa H0 diterima, yang berarti tidak terdapat ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki Tipe Kepribadian (Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert) 3) Hipotesis ketiga dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil ANOVA dua jalan sel tak sama diperoleh bahwa hasil diterima, ini berate tidak terdapat interaksi antara model pembelajara Knisley dan tipe kepribadian terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:33
Last Modified: 16 Sep 2020 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item