PEMBAYARAN UPAH KELEBIHAN JAM KERJA BURUH BANGUNAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung)

Sri Ngimbar Yatun, Yat (2020) PEMBAYARAN UPAH KELEBIHAN JAM KERJA BURUH BANGUNAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Sri Ngimbar Yatun.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT Sri Ngimbar Yatun.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Korpri Raya dalam kehidupan bermasyarakat manusia selalu membutuhkan pertolongan orang lain dalam berbagai hal baik secara sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia melakukan suatu pekerjaan antara individu yang lain dengan memanfaatkan sebuah tenaga untuk menghasilakan upah yang diterima, karena upah merupakan imbalan seseorang yang sudah menyelesaikan pekerjakan mereka dengan menggunakan sekuat tenaganya dan hasil upah mengupah haruslah adil dengan ketentuan rukun, syarat, dan sesuai dengan kesepakatan dalam kedua belah pihak. Praktik Upah pembayaran kelebihan jam kerja yang dilakukan di proyek pembangunan Ruko di kelurahan Korpri Raya kecamatan Sukarame Bandar Lampung terjadi karena jam kerja buruh bangunan yang seharusnya normal kerja tersebut 8 jam perhari, buruh hanya dibayar dengan upah pokok perhari senilai Rp. 100.000 dan untuk tukang dan Rp. 75.000 untuk kenek per hari tetapi dia bekerja lebih dari 8 jam dan kelebihan waktu tersebut dibayar dengan upah yang tidak sesuai dan merugikan buruh bangunan dengan tenaga kerjanya yaitu per jam hanya dibayar senilai Rp. 15. 000. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Praktik Pembayaran Upah Kelebihan Jam Kerja Buruh Bangunan Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dan Bagaimana Perspektif Hukum Islam terkait tentang Pembayaran Upah kelebihan Jam Kerja Buruh Bangunan Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Sukarame Bandar Lampung tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Praktik Pembayaran Upah Kelebihan Jam Kerja Buruh Bangunan Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui Perspektif Hukum Islam terkait tentang Pembayaran Upah Kelebihan Jam Kerja Buruh Bangunan Pada Pembangunan Ruko Suhendi di Korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari keterangan langsung dari pihak yang bersangkutan dalam bentuk pengamatan, wawancara, dan dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber kepustakaan berupa buku-buku sebagai literatur penunjang penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh dilapangan berupa pembayaran upah kelebihan jam kerja antara upah tukang dan kenek buruh bangunan yang dibayar senilai Rp 15.000 perjam hanya saja tidak sesuai dengan keahlian masing-masing yang mengakibatkan buruh bangunan dirugikan dan tidak adil. Sedangkan Pespektif hukum Islam terkait tentang Pembayaran Upah Kelebihan Jam Kerja Buruh Bangunan di korpri Raya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung adalah bertentangan dalam Hukum Islam bahwasannya terdapat unsur djalim dan Prinsip Dasar Hukum dalam teori upah di antara kedua belah pihak yang mengakibatkan tidak ada keadilan maupun ketidakpastian dalam pembayaran upah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:48
Last Modified: 16 Sep 2020 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item View Item