PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JEOPARDY REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV MATA PELAJARAN IPA SD N 1 SUKAMULYA LAMPUNG SELATAN

LENI ROSIDA, ROS (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JEOPARDY REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV MATA PELAJARAN IPA SD N 1 SUKAMULYA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa faktor rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN 1 Sukamulya Kecamatan Palas Lampung Selatan adalah proses pembelajaran berpusat kepada pendidik sehingga belum melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang berminat jika diadakan diskusi kelompok, karena cenderung mementingkan sikap individualis, hal ini menyebabkan peserta didik belum semua memiliki kemampuan berpikir kritis dengan baik. Kuraangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dibuktikan dari hasil ulangan harian pada mata pelajaran IPA yang menunjukan bahwa hanya 40 atau 47% dari 85 peserta didik yang mendapat nilai memenuhi KKM. Wali kelas IVB juga mengatakan bahwa kurangnya penggunaan variasi strategi pembelajaran dan kurang variasi media yang digunakan pada saat proses pembelajaran sehingga membuat peserta didik menjadi jenuh dan dominan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Sukamulya Kecamatan Palas Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimental Design dan desain yang digunakan yakni Pretest- Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Sukamulya Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 85 peserta didik, sedangkan sampel pad apenelitian ini yaitu kela IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengana menggunakan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini alat pengumpul data yang digunakan yaitu test, observasi, dan dokumentasi. Instrument test yang digunakan yaitu soal essay berpikir kritis. Uji hipotesis menggunakan analisis statistik Independent Sample t- Test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,00 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,28. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Independent Sample t-Test dengan taraf signifikasi 5% (0,05), yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada materi kekayaan sumber energi di Indonesia di SDN 1 Sukamulya Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:06
Last Modified: 16 Sep 2020 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item