PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) MENGGUNAKAN AUDIO VISUALTERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 JATIBARU TANJUNG BINTANG

ISTIQOMAH, IST (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) MENGGUNAKAN AUDIO VISUALTERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 JATIBARU TANJUNG BINTANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas V A dan V B di SDN 3 Jatibaru Tanjung Bintang. Motivasi belajar merupakan hal paling diperlukan dalam pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 3 Jatibaru dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang mendukung keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun permasalahan yang mendasari dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema “Makanan Sehat” kelas V SDN 3 Jatibaru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema Makanan Sehat di Kelas V SDN 3 Jatibaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Jatibaru yang terdiri dari tiga kelas. sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 peserta didik. Motivasi peserta didik diukur dengan tes berbentuk angket sebanyak 30 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homogenitas dan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada tema “Makanan Sehat” kelas V SDN 3 Jatibaru. Hasil perhitungan data menunjukan bahwa nilai Ttabel = -1,625 Thitung = 1,6787. Ini berarti nilai Thitung lebih besar dari nilai Ttabel pada taraf sigifikan 5 % sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:29
Last Modified: 16 Sep 2020 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item