PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK UMUM SYARIAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

IMAM AUSHAF, AUS (2020) PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK UMUM SYARIAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis dalam dunia perbankan semakin ketat baik di pasar domestik maupun internasional baik dalam hal inovasi produk dan kemudahan yang ditawarkan melalui perkembangan teknologi Untuk memenuhi kepuasan nasabah pada industri perbankan, kualitas pelayanan sangat penting bagi perusahaan untuk dikelola dengan baik agar tetap mendapat kepercayaan dari nasabah.Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana pengaruh E-Banking dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Umum Syariah Mandiri Secara Parsial (Studi Pada Mahasiswa UIN Lampung) Menurut Prespeltif Islam ?dan Bagaimana pengaruh kualitas pengaruh E-Banking dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Umum Syariah Mandiri Secara Simultan (Studi Pada Mahasiswa UIN Lampung) Menurut Prespeltif Islam ? Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis mengetahui pengaruh E- Banking dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Umum Mandiri Syariah Secara Parsial dan simultan(Studi Pada Mahasiswa UIN Lampung) Menurut Prespeltif Islam.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh darikuesioner dan data sekunder jumlah mahasiswa di UIN Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian adalah regresi linier berganda dan analisis statsistik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program komputer SPSS versi 2.3 dan Microsoft Excel 2007 Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pelayanan E-Banking (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara terhadap kepuasan nasabah dengan perhitungan (0,03 > 0,05).Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara terhadap kepuasan nasabah dengan perhitungan (0,000 > 0,05). Dan secara bahwa pelayanan E-Banking dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah.Berdasarkan pada hasil tabel summary bahwa nilai R Square Pelayanan 0,944 atau 94,4% yang artinya pelayanan E-Banking dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi sebesar 94,4% terhadap kepuasan nasabah. Sementara sisanya 5,6% dipengaruhi faktor lain seperti produk, promosi, lokasi dan citra bank karena berlandaskan Perbankan Syariah yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Menurut prespektif islam telah memberikan pedoman kepada mukmin (pelaku usaha) agar berlemah lembut (memuaskan) kepada obyek dakwah (customer/pelanggan) yang terbaik untuk pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:57
Last Modified: 16 Sep 2020 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item