PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI BILANGAN UNTUK KELAS VII SMP

M. Rofi’uddin Addarojat, Add (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI BILANGAN UNTUK KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi dan aplikasi perangkat komputer di semua bidang membutuhkan perhatian khusus dari banyak pihak. Penguasaan teknologi adalah satu hal yang harus dimiliki oleh kaum muda sekarang. Tuntutan era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, respon peserta didik dan pendidik, kemenarikan pengguna media pembelajaran berbasis Website pada materi Bilangan untuk kelas VII SMP/MTs. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk final dan produksi masal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada empat orang ahli (dua orang ahli materi dan dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan media, 79 peserta didik (12 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 67 peserta didik uji coba kelompok besar) dan 3 pendidik matematika dilibatkan untuk melihat kemenarikan media, dan 75 pengguna website untuk mengetahui respon media. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dari para ahli sangat layak (89% ahli materi, 93% ahli media dan 93% ahli bahasa), respon peserta didik dan pendidik sangat menarik (89% uji coba kelompok kecil, 82% uji coba lapangan dan 86% uji coba pendidik) dan respon pengguna website yang terdiri dari pendidik, dosen dan mahapeserta didik menunjukan bahwa respon pengguna sangat menarik dengan persentase 90%. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:52
Last Modified: 16 Sep 2020 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

View Item View Item