UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL REMAJA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA PESERTA DIDI KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

INTAN MAYORA, MAY (2020) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL REMAJA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA PESERTA DIDI KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & 2.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL REMAJA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada era globalisasi saat ini membawa dampak yang sangat luar biasa. Selain mempunyai dampak positif bagi kehidupan ternyata perkembangan IPTEK memiliki dampak yang negatif, yaitu terjadinya kemerosotan moralitas generasi bangsa (degradasi moral). Degradasi moral sudah menggejala di kalangan remaja terutama pelajar. Hal ini dapat dilihat dari maraknya perilaku tidak terpuji pelajar dewasa ini. Dalam mengatasi hal ini perlu adanya koordinasi antara pihak kepala sekolah, guru dan guru bimbingan konseling. Layanan informasi dalam bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemahaman dan pencegahan agar peserta didik terhindar dari perilaku negatif yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku sehingga menyebabkan terjadinya fenomena degradasi moral remaja. Penerapan layanan informasi dalam bimbingan dan konseling di sekolah juga berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi tentang bidang pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan perencanaan karir, sehingga peserta didik mampu mencapai aktualisasi diri yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah degradasi moral remaja melalui layanan informasi pada peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena-fenomena yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penyajian datanya menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dan status fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dan metode yang digunakan dalam layanan informasi sudah sesuai dengan teori umum yang dinyatakan oleh para ahli. Perubahan perilaku positif peserta didik dapat meningkat dengan adanya layanan informasi, namun dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling terdapat hambatan- hambatan sehingga hasil yang dicapai belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:42
Last Modified: 16 Sep 2020 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item